Kamis, 31 Oktober 2019

Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Beasiswa Berbasis Web pada Universitas ABC

BAB
PENDAHULUAN



A.  Latar Belakang Masalah

Data kemahasiswaaan yang didalamnya memua informasi tentang mahasiswa baik akademis maupun non-akademis untuk mendukung pengelolaan beasiswa sangat dibutuhkan oleh Staf Unit Pelayanan Beasiswa dan Alumni. Informasi yang akurat dan up to date dibutuhkan Staf Unit Pelayanan Beasiswa dan Alumni untuk dapat mengelola data tawaran beasiswa dan mengelola data permohonan beasiswa sehingga membantu Wakil Rektor III dalam menentukan mahasiswa yang layak sebagai penerima beasiswa agar beasiswa dapat disalurkan tepat pada sasarannya. Dengan demikian dana beasiswa yang digunaka dapa dipertanggung   jawabka kepada   piha donatur beasiswa, rektorat  dan mahasiswa pemohon beasiswa.
Permasalahan  yang  muncul  dalam  mengelola  data  beasiswa adalah beberapa proses masih dilakukan secara manual antara lain pengisian formulir permohonan beasiswa oleh mahasiswa pemohon, pengecekan kelengkapan item syarat oleh Staf Unit Pelayanan Beasiswa dan  Alumni,    proses  skoring  yang dilakukaoleWakil  Dekan  III, proses penentuan mahasiswa penerima beasiswa oleh Wakil Rektor III pengumuman profil beasiswa yang ditawarkan dan pengumuman mahasiswa  penerima  beasiswa  yang  masih  ditempel  di  sekretariat
fakultas,  dan  kebutuhan  informasi  akademik  mahasiswa  dari  SisteInformasi Akademik yang belum terintegrasi dengan sistem yang ada sekarang.
Oleh karena itu didalam tugas akhir ini penulis mencoba untuk membuat Sistem Informasi Pengelolaan Beasiswa berbasis web, yang diharapkan dapat membantu salah satu tugas dari Staf Unit Pelayanan Beasiswa dan Alumni untuk mengelola data beasiswa dan mengelola data permohonan beasiswa sehingga membantu Wakil Rektor III dalam menentukan mahasiswa yang layak sebagai penerima beasiswa agar beasiswa dapat disalurkan tepat pada sasarannya. Dengan sistem informasi ini   Staf Unit Pelayanan Beasiswa dan Alumni dapat mengetahui informasi tentang mahasiswa baik akademis maupun non- akademis dengan lebih mudah dan terstruktur. Sedang bagi mahasiswa pemohon dapat melakukan pendaftaran pengajuan    permohonan beasiswa secara on-line, memperoleh    informasi beasiswa yang ditawarkan, melihat profil donatur beasiswa dan mengetahui mahasiswa penerima beasiswa secara on-line.
Penulis memilih sistem informasi berbasis web karena sistem ini bersifat dinamis dan dapat menyampaikan informasi yang bisa diakses kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja baik secara lokal maupun global  dengan  menggunakan  internet.  Untuk  itu  diperlukan  sebuah bahasa pemrograman (middleware) yang dapat menghasilkan aplikasi web. PHP( PHP: Hypertext Preprocessor) adalah bahasa server-side scripting yang    ditambahkan kedalam HTML(HyperText Markup Language) untuk membuat halaman web yang dinamis. Maksud server- side scripting adalah sintaks dan perintah-perintah PHP yang tuliskan dalam HTML nantinya akan sepenuhnya dikerjakan di server, baru hasilnya dalam format HTML dikirimkan ke web browser. Pembuatan aplikasi  web  ini  merupakan  kombinasi  antara  PHP    sendiri  sebagai bahasa pemrograman dan HTML sebagai pembangun halaman web. Keuntungan penggunaan PHP adalah   kode yang menyusun program tidak dapat dilihat oleh pengguna internet sehingga kerahasiaan kode dan keamana halaman web menjadi lebih terjamin.

DOWNLOAD VERSI WORD